• Latest News

    Rabu, 26 Agustus 2015

    Sejarah Aisyiyah




    ‘Aisyiyah didirikan pada 27 Rajab 1335 H/19 Mei 1917 dalam perhelatan akbar nan meriah bertepatan dengan momen Isra Mi’raj Nabi Muhammad. Sembilan perempuan terpilih sebagai sang pemula kepemimpinan perdana ‘Aisyiyah. Siti Bariyah mendapatkan amanah sebagai Ketua pertama ‘Aisyiyah.
    Embrio berdirinya ‘Aisyiyah telah dimulai sejak diadakannya perkumpulan Sapa Tresna di tahun 1914, yaitu perkumpulan gadis-gadis terdidik di sekitar Kauman. Nama ‘Aisyiyah itu terinspirasi dari istri nabi Muhammad, yaitu ‘Aisyah yang dikenal cerdas dan mumpuni. Harapannya, profil Aisyah juga menjadi profil orang-orang Aisyiyah.
    Islam yang berkemajuan sebagaimana terlihat dari penafsiran Muhammadiyah-‘Aisyiyah terhadap ayat Al-Qur’an yang tidak membedakan jenis kelamin dalam hal berdakwah, menjadi karakter gerakan Muhammadiyah-‘Aisyiyah. Paham Islam berkemajuan dan pentingnya pendidikan dan bagi gerakan Muhammadiyah-‘Aisyiyah menghasilkan pembaruan-pembaruan jenis-jenis kegiatan yang dilakukan Muhammadiyah-‘Aisyiyah, seperti pendidikan keaksaraan, pendirian mushola perempuan, kongres bayi atau baby show, penerbitan majalah Suara ‘Aisyiyah di tahun 1926, pendirian sekolah TK, dan jenis-jenis kegiatan inovatif lain. [PP Aisyiyah]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 komentar:

    1. Dadi wong wedok ora mung ngurus urusan dapur lan rumah tangga. Dudu konco wonten wingking.
      Perempuan dapat memimpin diranah public, sebagai pemimpin masyarakat, bangsa dan negara. Walaupun pada saat ini diera milenium ini pemahaman sekelompok tertentu, perempuan dibonsai/ dikerdilkan kembali karena pemahaman yang leter leg.

      BalasHapus
    2. Ya kalau memang wanita juga mempunyai bakat, talenta, kemampuan ber organisasi karena pengalaman waktu sekolah/kuliah, adalah setelah berkeluarga mengabdikan diri utk berda'wah, melalui organisasi Aisiyah, pemberdayaan ekonomi ummat khususnya ibu-ibu aisiyah.

      BalasHapus

    Item Reviewed: Sejarah Aisyiyah Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top