• Latest News

    Selasa, 17 Februari 2015

    Adab Bergaul dengan Lawan Jenis




    Manusia diciptakan Allah Subhanahu wa Ta’ala saling berpasangan antara laki-laki dan perempuan. Diantara mereka ada rasa ketertarikan yang jika tidak dikelola dengan baik maka keburukanlah yang akan terjadi. Salah satu hal yang bisa mengantisipasi madharat (bahaya) lawan jenis adalah dengan menjaga adab-adab Islami. Beberapa adab tersebut dapat disimak pada uraian berikut.
    1. Menjaga pandangan
    Memandang lawan jenis termasuk panah syetan. Maka menundukkan pandangan adalah jalan terbaik sebelum syetan turut andil didalamnya. Dari Jarir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengenai pandangan yang tidak di sengaja. Maka beliau memerintahkan supaya memalingkan pandanganku.” (HR. Muslim)
    2. Menjaga aurat
    Seorang muslim wajib menutup aurat dengan sempurna dihadapan orang lain yang bukan mahramnya, yaitu lawan jenis yang haram untuk dinikahi. Muslimah misalnya, tidak boleh menampakkan bagian tubuhnya dihadapan orang lain kecuali muka dan telapak tangan. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Wanita itu adalah aurat. Jika dia keluar maka syetan akan memperindahnya di mata laki-laki.” (HR. Tirmidzi)
    3. Dilarang berkhalwat dan ikhtilat
    Khalwat adalah menyepinya seorang laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya baik secara langsung bertatap muka maupun melalui media seperti telpon, sms atau media sosial. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Janganlah kalian berduaan dengan wanita (yang bukan mahramnya) karena syetan adalah yang ketiga.” (HR. Ahmad)
    Ikhtilat adalah campur baurnya laki-laki dan perempuan di satu tempat tanpa ada hijab (tabir/pembatas) sehingga diantara mereka bisa dengan bebas saling melihat lawan jenis. Wallahu a’lam. [Ahmad Nasri]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Adab Bergaul dengan Lawan Jenis Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top