• Latest News

    Rabu, 11 Februari 2015

    Ahmadiyah dan Syiah tak diundang dalam Kongres umat Islam




    Yogyakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Prof. Dr. Din Syamsuddin mengatakan Ahmadiyah tidak diundang dalam acara Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) Ke-VI.
    “Ahmadiyah merupakan paham aliran yang sudah jelas sesat. Maka tidak kita undang dalam kongres ini,” kata Din usai acara pembukaan KUII Ke-VI di Keraton Yogyakarta, Senin (09/02/2015) siang.
    Din menuturkan sama halnya dengan kelompok atau jama’ah masjid yang tidak memiliki struktur organisasi yang berbadan hukum. Menurutnya mereka tidak bisa diundang sebagai peserta kongres.
    “Begitu juga untuk kelompok Syiah, tidak ada yang kami undang,” ujar Din yang juga Ketua Umum PP Muhammadiyah.
    Sementara itu, seorang pengurus MUI asal Jawa Timur mengatakan awalnya seorang pengurus MUI Pusat ingin mengundang Syiah. Tetapi setelah para petinggi MUI Pusat mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan perihal itu, kesepakatan yang dihasilkan Syiah akhirnya tidak jadi diundang.
    “Syiah awalnya ingin diundang tapi nggak jadi,” ujar pria yang tak ingin namanya disebut ini seperti dilansir laman Hidayatullah.
    Kabar ini juga dibenarkan Anggota Komisi Pengkajian dan Fatwa MUI Pusat Fahmi Salim. Menurutnya, keinginan mengundang Syiah oleh seorang pengurus MUI Pusat rupanya menimbulkan perdebatan internal hingga membuat seorang kiai senior yang juga pengurus  MUI Pusat menolak menghadiri acara ini.
    Akhirnya dalam steering commitee (SC) para petinggi MUI pusat membatalkan mengundang wakil Syiah.
    “Ada Kiai senior yang mengatakan dirinya tidak akan hadir ke kongres jika ABI diundang,” pungkas Fahmi yang juga ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) DKI Jakarta. [red/hid]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ahmadiyah dan Syiah tak diundang dalam Kongres umat Islam Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top