• Latest News

    Kamis, 05 Maret 2015

    Beredar Buku Pelajaran 'Banci Boleh Jadi Imam Shalat'



    Jakarta - Dunia pendidikan kembali dihebohkan dengan terbitnya buku kontroversial. Kali ini beredar buku pelajaran yang isinya membolehkan banci menjadi imam shalat. Sebuah buku untuk siswa madrasah ibtidaiyah (sekolah dasar) itu mengajarkan tata cara shalat yang dinilai menyalahi prinsip Islam. Isu tersebut mencuat setelah seorang ibu di Sumatera Utara, Rika Rahma Dewi, memposting lewat akun Facebooknya salah satu halaman dari buku tersebut. Buku yang dipakai sebagai bahan pelajaran di madrasah ibtidaiyah ini memperbolehkan banci sebagai imam shalat.
    Dalam buku tersebut ditulis syarat menjadi imam adalah seorang laki-laki yang baik akhlaknya dan fasih dalam membaca Alquran. Kalimat selanjutnya ditulis orang yang diperbolehkan menjadi imam adalah laki-laki ketika seluruh ma'mumnya laki-laki dan perempuan. Kedua adalah perempuan ketika seluruh ma'mumnya perempuan. Dan ketiga banci ketika seluruh ma'mumnya perempuan.
    Menanggapi hal tersebut Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan beredarnya buku 'Banci Boleh Jadi Imam Shalat' berpotensi untuk merusak kualitas shalat jamaah. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua MUI bidang pendidikan, Anwar Abbas. Ia menjelaskan, jika buku tersebut sudah terlanjur beredar maka tugas dari orang tua untuk menjelaskan kepada anak terkait syarat yang benar untuk menjadi imam shalat berjamaah.
    Ia menerangkan, Orang tua dapat menjelaskan kepada anak bahwa syarat menjadi imam shalat yakni laki-laki. Selain itu syarat lainnya yakni kehadirannya sebagai imam tidak akan mengganggu kekhusyuan shalat para jamaahnya. Untuk itu seorang imam janganlah orang yang memiliki masalah di tengah masyarakat. Ini dikarenakan jika mereka menjadi imam, jamaah menjadi tidak berkonsentrasi mendekatkan diri kepada Allah. Dan Jamaah akan sibuk mendiskusikan sendiri tentang sosok imam tersebut.[red/rol]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Beredar Buku Pelajaran 'Banci Boleh Jadi Imam Shalat' Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top