• Latest News

    Kamis, 26 Maret 2015

    Kiat Sukses Dalam Dakwah




            Dakwah adalah ruh Islam yang senantiasa ada sejak masa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam diutus di muka bumi sampai akhir masa nanti. Dengan dakwah Islamiyah, syariat Islam akan semakin luas dikenal dan dipahami umat. Sehingga akan memudahkan bagi orang yang atas izin Allah Subhanahu wa Ta’ala mendapat hidayah-Nya, memahami lebih lanjut akan syariat Islam tersebut, untuk kemudian mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai konsekwensi iman dalam dirinya.
    Rasul shalallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda, ”Sampaikan dariku, walaupun satu ayat.” Dari hadits ini kita tahu bahwa ruh dakwah Islam harus senantiasa di tegakkan oleh umat yang mengaku dirinya beragama Islam. Sehingga Islam akan semakin tersebar luas dan membawa rahmat bagi seluruh alam. Walaupun dalam perjalanan dakwah pasti ada aral melintang, namun semua itu akan dilalui oleh para pengemban dakwah dengan sabar. Karena hal itu merupakan ujian dalam kehidupannya.
            Betapa pentingnya dakwah dalam kehidupan sehari-hari.  Terutama di kalangan remaja, karena remaja adalah tulang punggung peradaban dimasa depan. Apa jadinya masa depan suatu negara apabila remaja sebagai generasi muda kurang diperhatikan kehidupan ruhaninya? Namun ada yang perlu diperhatikan agar dakwah tidak sekedar transfer ilmu, tapi menjadi motivator bagi kaum muslim agar lebih bisa menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu, agar para da’i pengemban dakwah sukses atau berhasil dalam melakukan misi dakwahnya, maka hal-hal berikut bisa menjadi hal yang perlu diperhatikan. Diantara kiat sukses dalam berdakwah adalah:
    1. Senantiasa menjalin ukhuwah Islamiyah dan nasihat menasihati dalam keimanan dan kesabaran.
    2. Berilmu dan mengetahui kebenaran dengan sungguh-sungguh.
    3. Ikhlas dalam berdakwah karena mengharap ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala semata.
    4. Senantiasa menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupannya.
    5. Senantiasa penuh dengan ide-ide baru dalam berbagai jalan dakwah yang bermanfaat.
    6. Merealisasikan ilmu din (agama) yang dipahami.
    7. Selalu mencari sarana dakwah terkini dalam kehidupan ini.
    8. Mendoakan kebaikan manusia, bukan untuk kejelekkannya.
    9. Menghiasi hari-harinya dengan iman dan amal shalih.
    10. Tidak terpedaya dengan kehidupan dunia dan segala kenikmatan yang ada di dalamnya.
    11. Mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan Rabbnya.
    12. Disiplin terhadap waktu dalam setiap harinya.
    13. Bersabar dalam berdakwah, walaupun ujian senantisa menyertai.

    Demikian hal-hal yang yang perlu diperhatikan para dai sehingga sukses dalam mempersiapkan diri sebagai pengemban ruh dakwah ini. Semoga ruh dakwah senantiasa di hasung sampai akhir masa nanti. Dan para dai dan daiyah diberikan kesabaran dan ketabahan untuk menghadapi ujian yang ada. Amiiin. [fath]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kiat Sukses Dalam Dakwah Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top