• Latest News

    Sabtu, 04 April 2015

    Masjid Baiturrahman Sayangan Gelar Shalat Gerhana Bulan



    Sukoharjo – Maghrib itu (4/4) jamaah yang berdatangan ke Masjid Baiturrahman lebih banyak daripada biasanya. Karena sebelumnya takmir masjid yang dikelola oleh Ranting Muhammadiyah Sayangan tersebut memang sudah mengumumkan bahwa di masjid tersebut akan dilaksanakan shalat gerhana bulan selepas shalat maghrib.
    Selaku imam dalam shalat sunnah gerhana tersebut adalah H. Asyhuri, S.Ag, sedangkan bertindak sebagai khatib adalah H. Muh Ghufron, B.A. Khatib yang menyampaikan khutbahnya setelah shalat mengingatkan kembali kepada jamaah bahwa terjadinya gerhana bukanlah karena matinya atau lahirnya seseorang, melainkan karena kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala semata.
    Selanjutnya H. Ghufron yang juga merupakan penasihat PC Muhammadiyah Blimbing tersebut mengutip firman Allah Subhanahu wa Ta’ala, “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali Imran [3]: 191-192)
    “Maka dari itu kita sebagai umat Islam harus senantiasa berzikir dan mengingat Allah dalam setiap keadaan, termasuk halnya dengan terjadinya gerhana bulan ini harus bisa mengingatkan kita pada kebesaran Allah, yang telah menciptakan langit, bumi, termasuk matahari dan bulan dengan kekuasaan-Nya,” pesannya kepada jamaah.
    Shalat gerhana merupakan shalat sunnah yang dikerjakan karena terjadinya gerhana bulan atau gerhana matahari yang berjumlah dua rakaat. Tidak seperti shalat biasanya, shalat gerhana menggunakan dua kali rukuk dalam setiap rakaatnya.
    Dari pantauan redaksi, selain Masjid Baiturrahman, masjid yang menyelenggarakan shalat gerhana di kawasan Cabang Blimbing adalah Masjid Agung Imam Syuhodo di Ranting Wonorejo dan Masjid Baiturrahim di Ranting Blimbing dan beberapa masjid lainnya. [red/nas]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Masjid Baiturrahman Sayangan Gelar Shalat Gerhana Bulan Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top