• Latest News

    Sabtu, 04 April 2015

    Sore Ini Akan Terjadi Gerhana Bulan Total



    Hari ini, Sabtu tanggal 4 April 2015 akan terjadi Gerhana Bulan Total. Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia. Hal ini seperti diinformasikan situs resmi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Gerhana ini dapat diamati juga dari Amerika, Samudra Pasifik, Australia, Asia kecuali bagian Barat, dan sebagian kecil Afrika Timur. Seluruh proses Gerhana Bulan akan bisa diamati dari wilayah Papua bagian Timur. Hal ini mengingat Bulan sudah terbit sebelum fase Gerhana mulai terjadi. Adapun pengamat di daerah Papua bagian Barat, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sebagian Kalimantan bagian Timur akan mendapati Bulan dalam fase Gerhana Penumbra saat Bulan terbit. Pengamat yang berada di Kalimantan Timur bagian Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa dan Sumatra akan mengamati Bulan dalam fase Gerhana Sebagian saat Bulan terbit. Pada waktu-waktu berikutnya, semua pengamat bisa mengamati fase-fase gerhana hingga berakhirnya fase Gerhana berakhir.
    Dalam kalender yang diterbitkan oleh Suara Muhammadiyah, disebutkan gerhana penumbra akan dimulai pukul 16.01 WIB, gerhana sebagian mulai 17.15 WIB, gerhana total mulai pukul 18.57 WIB, puncak gerhana pada pukul 19.01 WIB, gerhana total berakhir pada pukul 19.02 WIB, gerhana sebagian berakhir 20. 44 WIB dan berakhirnya gerhana penumbra pada pukul 21.58 WIB.
    Gerhana merupakan salah satu tanda kebesaran Allah. Dalam syariat Islam, disunnahkan untuk menunaikan shalat kusufain saat terjadi gerhana. (baca juga: Fatwa Tarjih Tentang Shalat Gerhana). [red]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sore Ini Akan Terjadi Gerhana Bulan Total Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top