• Latest News

    Minggu, 28 Juni 2015

    Adab kepada Ahli Ilmu


    Sejak kecil, remaja bahkan hingga tua nanti, kita diwajibkan untuk menuntut ilmu. Salah satu pihak yang berperan memudahkan kita dalam mengecap manisnya ilmu adalah guru, ustadz, murabbi atau apapun namanya. Para guru dimuliakan Allah Ta’ala dengan ilmu yang dimiliki. Berikut beberapa adab yang harus dimiliki oleh penuntut ilmu kepada gurunya.
    1.    Memuliakan guru
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bukanlah termasuk golongan kami, orang yang tidak menghormati orang yang tua, tidak menyayangi yang muda, dan tidak mengerti hak ulama kami.” (HR. Al-Bazar dan Ahmad)
    2.    Mendo’akan kebaikan
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila ada yang berbuat baik kepadamu maka balaslah dengan balasan yang setimpal. Apabila kamu tidak bisa membalasnya, maka doakanlah dia hingga engkau memandang telah mencukupi untuk membalas dengan balasan yang setimpal.” (HR. Bukhari)
    Tentu kita sudah memaklumi bahwa ilmu yang diberikan oleh seorang ahli ilmu adalah bentuk kebaikan yang keutamaannya tak terkira. Sudah selayaknya kita membalas kebaikan tersebut meski hanya dengan mendoakan kebaikan kepada mereka.
    3.    Merendahkan diri
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani rahimahullah pernah menulis tentang adab murid, yaitu harus bersikap sopan dan menggunakan kata yang halus ketika berbicara dengannya.
    4.    Mencontoh akhlaknya
    Qasim bin Salam rahimahullah menceritakan, “Para murid Ibnu Mas’ud belajar kepada¬nya untuk melihat akhlak, ke¬pribadian dan kemudian menirunya.” [Ahmad Nasri]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Adab kepada Ahli Ilmu Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top