• Latest News

    Sabtu, 04 Juli 2015

    Kenali Rasa Takut Saat Akan Ceramah


    Pada saat Kamu diminta bicara di depan umum, mungkin saja Kamu akan mengalami banyak ketakutan. Ketakutan itu akan nampak pada saat Kamu tampil. Ketakutan itu juga susah untuk disembunyikan. Sebab dia nampak nyata dan tidak mudah dikendalikan. Di antara beberapa bentuk ketakutan itu berupa:
    1.    Harakatuk (Gerakan)
    Gerakan-gerakan yang tiba-tiba saja muncul. Seperti misalnya tangan yang menggaruk garuk kepala, hidung dan telinga. Gerakan ini tidak pernah ada apalagi direncanakan sebelumnya. Tetapi ketika Kamu tampil bicara di depan banyak orang, gerakan ini dengan sendirinya muncul begitu saja.
    2.    Kalamuk (Kata-kata)
    Kata-kata yang diulang-ulang. Ada sebuah kata yang tiba-tiba sering banget Kamu ulang-ulang. Hal ini menunjukkan Kamu sedang grogi atau gugup. Maka Kamu butuh penenang jika sudah seperti itu.
    3.    Mukhayalatuk (Imajinasi)
    Imajinasi yang tidak perlu. Seperti misalnya merasa banyak orang tidak suka dengan penampilanmu. Atau Kamu merasa sedang dibicarakan oleh hadirin. Kamu juga merasa kalau ada yang saat Kamu ceramah tersebut sedang memperhatikan kesalahan-kesalahanmu.
    4.    Jasaduk (Posisi Tubuh)
    Gerakan tubuh yang tidak konsisten. Kadang ada berdiri tegak, kadang condong ke kanan dan kiri.
    Sobat, semua bisa diatasi kok. Selama kamu banyak latihan public speaking. Tetap semangat dan selalu positif memperbaiki skill. Kita bisa mengalahkan ‘ular’ yang membelit leher kita tersebut. Bagaimana caranya? Cek this!
        Yakinkan bahwa kita punya nilai. Mereka memandang kita mampu, maka anggaplah bahwa kita mampu melakukannya. Bila ini sudah dimiliki, hati kita akan tenang.
        Analisis Diri. Setiap malam lakukan evaluasi terhadap apa yang dilakukan. “Saya kurang apa? Apa yang mengganjal di hati saya?”
        Gunakan Pengingat. Pengingat tentang urgensi menggunakan kata-kata terpilih dalam setiap ceramah. Misalnya menulis kata, “Saya harus pandai memilih kata-kata”. Buat yang besar seukuran poster, tempel di kamar kita.
        Bayangkan idealnya. Gambarkan bagaimana kamu akan berceramah dengan sukses, kemudian tekadkan dalam diri untuk bisa tampil seperti itu. Bayangan ini akan sangat membantu.
    [Burhan Sodiq]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kenali Rasa Takut Saat Akan Ceramah Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top