• Latest News

    Rabu, 12 Agustus 2015

    Baznas Akan Dipimpin Bambang Sudibyo, Ekonom Kader Muhammadiyah


    Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) punya pengurus baru. Menurut Humas Baznas Ndari Rumi Widyawati, secara de jure, Prof. Dr. H. Bambang Sudibyo, MBA menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) BAZNAS yang baru.
    “Secara de jure begitu tetapi belum serah terima jabatan,” kata Rumi menegaskan mengenai terpilihnya Ketum BAZNAS yang baru, Selasa (11/08/2015) pagi, dikutip Hidayatullah.

    Rumi menyampaikan bahwa dalam waktu dekat –pekan ini atau pekan depan- akan dilakukan pelantikan bagi Ketum BAZNAS yang baru.

    “InsyaAllah dalam pekan ini atau pekan depan pelantikannya. Nanti saya kabari lagi untuk pelantikannya ya,” kata Rumi.

    Sebagaimana informasi yang diperoleh dari Wakil Ketua Komisi VIII Fraksi PKS DPR RI Ledia Hanifa Amaliah membenarkan bahwa Prof. Dr. Bambang Sudibyo telah terpilih sebagai Ketum BAZNAS menggantikan  Prof. Dr. Didin Hafiduddin.

    “Kemarin itu saya dengar begitu, dari Keputusan Presiden (Kepres) seperti itu. Cuma kita kan belum rapat koordinasi. Presiden nanti mengajukan ke DPR untuk meminta pertimbangan terlebih dahulu,” ujarnya saat dikonfirmasi Hidayatullah.

    Ledia Hanifa Amaliah berharap kepada Ketum BAZNAS yang baru terpilih, pertama Ketum BAZNAS yang baru bisa membawa yang mampu bekerjasama dengan seluruh lembaga amil zakat yang ada di Indonesia sehingga zakat bisa dikelola dengan baik dan optimal.

    “Kedua diharakan BAZNAS bisa menggali lebih dalam potensi zakat yang ada di Indonesia,” kata Ledia.

    Ketiga, lanjut Ledia, tentang irisannya dengan zakat untuk orang miskin yang terdata di pemerintah dan itu bisa dilihat, karena tidak semua orang bisa mendapat bantuan dari pemerintah pada level kriteria tertentu maka, BAZNAS diharapkan bisa masuk berkontribusi ke dalam level tersebut.

    Pada tanggal 30 Juli 2015 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan 11 (sebelas) orang anggota Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) periode 2015-2020. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Presiden RI No 66/P Tahun 2015.

    Kesebelas nama-nama anggota BAZNAS itu, terdiri atas 8 (delapan) orang unsur masyarakat, dan 3 (tiga) orang unsur pemerintah, yang masing-masing berasal dari Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
    Kesebelas nama anggota BASNAS periode 2015-2020 itu adalah: (1) Bambang Sudibyo (mantan Menkeu); (2) Zainulbahar Noor (mantan Dubes RI di Yordania); (3) Mundzir Suparta (mantan Irjen Kemenag); (4) Masdar Farid Mas’udi (PBNU); (5) Ahmad Satori Ismail (Ket. Umum Ikatan Pengurus Ikatan Dai Indonesia/IKADI); (6)  Emmy Hamidiyah (Direktur Eksekutif BAZNAS); (7) Irsyadul Halim; (8) Nana Mintarti (Dompet Duafa); (9) Machasin (Kemenag); (10) Nuryanto (Kemendagri); dan (11) Astera Primanto Bhakti (Kemenkeu).
    Bambang Sudibyo adalah kader Muhammadiyah yang pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan pada era kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid dan Menteri Pendidikan Nasional pada Kabinet Indonesia Bersatu. Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut pada periode 2010-2015, ia adalah salah satu ketua PP Muhammadiyah yang membidangi Ekonomi, ZIS, dan Pemberdayaan Masyarakat.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Baznas Akan Dipimpin Bambang Sudibyo, Ekonom Kader Muhammadiyah Rating: 5 Reviewed By: Anonim
    Scroll to Top