• Latest News

    Selasa, 25 Agustus 2015

    Dibuka Jokowi, Munas MUI Akan Keluarkan Fatwa-fatwa Penting



    Surabaya – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Musyawarah Nasional ke-IX di Kota Surabaya. Pembukaan acara yang dihadiri 550 peserta dari seluruh Indonesia itu dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 25 Agustus 2015.

    Munas MUI kali ini menggelar tema "Islam wasathiyah untuk Indonesia dan dunia yang berkeadilan dan berkeadaban". Digelar mulai 24-27 Agustus 2015 di Hotel Garden Palace, Surabaya, MUI bakal melaksanakan beberapa agenda seperti penyempurnaan peraturan dasar dan peraturan rumah tangga, penetapan garis-garis besar program MUI periode 2015-2020 dan penetapan sejumlah fatwa urgen.

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi tema Munas MUI. Menurut Jokowi, tema yang diusung dalam Munas ini ibarat pertemuan dua arus sungai besar di Indonesia yakni Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan.

    Selain itu, agenda yang tak kalah penting ialah memilih pemimpin MUI yang baru. Ketua panitia daerah Munas MUI, KH Abdusshomad menuturkan, proses pemilihan dilakukan melalui pemilihan dari jenjang formatur di koordinator wilayah. Pada sidang pleno, kandidat yang mewakili tiap wilayah akan dibicarakan bersama.

    “Ada pertemuan masing-masing koordinator wilayah. Dari sidang pleno mereka berunding untuk sepakat siapa satu orang yang dipilih dari satu korwil. Masing-masing wilayah rapat sendiri,” ujar Ketua MUI Jawa Timur ini.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Dibuka Jokowi, Munas MUI Akan Keluarkan Fatwa-fatwa Penting Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top