• Latest News

    Rabu, 05 Agustus 2015

    Hari Ini Muhammadiyah Memilih 13 Pimpinan Pusat Periode 2015 - 2020


    Makassar - Muhammadiyah segera memiliki Pimpinan Pusat (PP) baru. Muktamar ke-47 akan memilih 13 PP baru.

    "Insya Allah besok hari rabu pemilihan, jam 08.00 WITA sampai jam 16.00 WITA sore itu pemungutan suara. Kemudian penghitungan sekitar 3 jam, diperkirakan jam 20.00 WITA selesai," kata Ketua Panitia Pemilihan Dahlan Rais saat jumpa pers di arena Muktamar ke-47 di Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sulsel, Selasa (4/8/2015), dilansir laman Sang Pencerah.

    Dahlan yang ditemani Sekretaris Panitia Pemilihan Budi Setiawan menjelaskan pemilik suara di pemilihan berjumlah 2.568 orang. Panitia menyediakan 20 bilik suara dan 10 kotak suara untuk para pemilih.

    Panitia pemilihan akan mengundi urutan PWM yang akan memilih dan tidak diurutkan daerah dari Aceh ke Papua atau sebaliknya. Surat suara yang disediakan akan berisi 39 nama calon tetap yang disusun secara alfabetis. Cara memilihnya, para pemilih tinggal melingkari nomor urut atau nama 13 orang calon yang ada di surat suara.

    "Jadi kemungkinan salah memilih atau salah menulis sangat kecil," ujar Dahlan.

    Usai pemilihan, langsung digelar penghitungan. Penghitungan menggunakan sistem yang disebut e-Counting Muhammadiyah. Ada 15 komputer yang akan bekerja secara simultan melakukan penghitungan. Tiap komputer ditunggui oleh tiga orang, yang terdiri dari seorang penginput data, seorang saksi, dan seorang panitia pemilihan.

    Pada hari itu juga akan langsung ketahuan 13 orang PP Muhammadiyah terpilih. Namun dari 13 itu belum ada ketum dan sekumnya. Peraih suara terbanyak tak otomatis jadi ketum.

    Pemilihan ketum akan dilakukan pada hari Jumat (7/8). 13 Orang PP terpilih akan diminta bermusyawarah selama satu jam sebelum pengumuman. "Tapi biasanya kurang dari waktu yang disediakan musyawarahnya sudah selesai," ujar Dahlan. [red/sp]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Hari Ini Muhammadiyah Memilih 13 Pimpinan Pusat Periode 2015 - 2020 Rating: 5 Reviewed By: Anonim
    Scroll to Top