• Latest News

    Rabu, 05 Agustus 2015

    Siang ini Muhammadiyah Pilih Pemimpin, Din Sebut 4 Nama Mengemuka


    Makassar - Struktur anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan dipilih Rabu ini saat Sidang Pleno III Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, Sulawesi Selatan.
    Berdasarkan jadwal yang disiapkan panitia, Rabu, 2.995 peserta yang memiliki hak suara akan memilih 13 orang formatur dari 39 nama yang telah dikerucutkan lewat Sidang Tanwir pada 1-2 Agustus 2015.
    Ke-13 formatur ini nantinya akan menentukan figur para pimpinan PP Muhammadiyah periode 2015-2020, sedangkan anggota PP Muhammadiyah akan ditetapkan esok Kamis (06/08/2015) saat Sidang Pleno VII.
    Kemudian dilanjutkan sidang anggota PP Muhammadiyah terpilih dengan agenda memilih ketua umum persyarikatan dan penetapan sekretaris umum. Setelah itu, ketua umum akan ditetapkan dan sektretaris umum diumumkan pada Sidang Pleno VIII.
    Serah terima jabatan pimpinan PP Muhammadiyah akan dilakukan pada hari terakhir Muktamar Muhammadiyah lusa (7/8).
    Pada hari yang sama, muktamirin akan mengesahkan keputusan muktamar hasil sidang komisi.

    Kandidat
    Sementara itu Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2010-2015 Din Syamsyuddin menyebutkan empat nama kandidat yang bakal menjadi pengganti dirinya menjadi ketum PP Muhammadiyah periode 2015-2020.
    “Yang saya baca masuk calon Ketum, yakni Haeder Nashir, Yunahar Elyas, Syafiq Mugni dan Abdul Mu’ti,” ujar Din di Ruang Media Center, Universitas Muhammadiyah Makassar, seperti diwarta laman Suara Pembaruan, Rabu (5/7).
    Din menilai keempat sosok ini cocok dan layak menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah. Pasalnya, Din mengaku mengetahui persis kemampuan keempat orang yang disebutnya.
    “Itu yang saya baca dan dengar, tetapi bukan dari saya,” tandasnya.
    Empat nama yang disebut Din merupakan pengurus Pusat PP Muhammadiyah. Keempatnya juga masuk dalam 13 nama teratas yang dipilih dan ditetapkan Sidang Tanwir beberapa waktu lalu.
    Dalam sidang Tanwir, Abdul Mu’ti yang menjabat Sekretaris PP Muhammadiyah meraih suara kedua terbanyak, yakni 150 suara, Yunahar Ilyas yang menjabat salah satu ketua PP Muhammadiyah suara keempat terbanya, yakni 149 suara, Haedar Nashir yang juga menjabat salah satu ketua PP Muhammadiyah meraih suara ke-10 terbanyak dan Syafiq Mugni meraih suara ke-12 terbanyak.
    Meskipun demikian, Din menilai siapa pun yang masuk calon pimpinan Muhammadiyah, merupakan figur-figur yang layak menjadi pemimpin Muhammadiyah.
    “Bagi saya, siapa pun yang nantinya terpilih, sama saja karena kemampuannya hampir sama,” ungkap Din.
    13 nama yang beredar lewat selebaran dan SMS di Muktamar Muhammadiyah adalah Abdul Mu’ti (pakar pendidikan); Agus Taufiqurrahman (pakar kesehatan); Anwar Abbas (pakar ekonomi Islam), Busyro Muqoddas (pakar hukum), Dadang Kahmad (pakar sosiologi agama); Dahlan Rais (pakar pendidikan).
    Kemudian ada Haedar Nashir (pakar sosiologi); Hajriyanto Y Thohari (pakar sosial politik); Alwi Uddin (pakar pemikiran Islam); Rizal Sukma (pakar hukum internasional); Suyatno (pakar pendidikan); Syafiq A Mughni (pakar sejarah peradaban Islam), dan Yunahar Ilyas (pakar ulumul Qur’an). [red/hidcom]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Siang ini Muhammadiyah Pilih Pemimpin, Din Sebut 4 Nama Mengemuka Rating: 5 Reviewed By: Anonim
    Scroll to Top