• Latest News

    Rabu, 09 September 2015

    Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 23 September, Menag: Kita Tidak Mengurusi Hari Libur


    Jakarta - Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha jatuh pada 23 September 2015, lebih awal satu hari dibanding versi SKB tiga menteri. Akankah Menag menjadikan hari itu jadi tanggal merah?

    "Saya nggak tahu kalau hari libu. Libur atau tidak itu bukan kewenangan Kementerian Agama. Kementerian Agama tidak mengurusi hari libur kan," ujar Menag Lukman kepada wartawan di kantornya, Jl Lapangan Banteng, Jakpus, Senin (7/9/2015), dilansir Detik.

    Sebelumnya, Sekretaris Umum (Sekum) Muhammadiyah Abdul Mu'ti menerangkan Muhammadiyah menetapkan Idul Adha jatuh pada 23 September 2015 sesuai penghitungan hisab hakiki wujdul hilal. Kemungkinan, Mu'ti menambahkan, Arab Saudi dan mayoritas organisasi Islam lainnya juga akan merayakan Idul Adha pada 23 September.

    "Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah seharusnya memberikan kesempatan kepada umat Islam untuk merayakan Idul Adha sesuai dengan keyakinannya. Hal tersebut merupakan kewajiban konstitusional Pemerintah," kata Mu'ti.

    Pemerintah, kata Mu'ti, harus menunjukkan komitmen untuk melindungi, memfasilitasi, dan menjamin keamanan dan kebebasan menjalankan ibadah bagi seluruh warga negaranya.

    "Oleh karena itu, sudah seharusnya Pemerintah meliburkan kantor Pemerintah dan swasta pada tanggal 23 September," ujarnya.

    Pemerintah lewat Surat Keputusan Bersama 3 menteri tahun 2014 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama menetapkan 24 September adalah hari libur Idul Adha. Meski demikian, seperti kebiasan selama ini biasanya Kemenag akan mengadakan sidang isbat penetapan awal Dzulhijjah sekaligus penentuan Hari Idul Adha. Sementara di masyarakat sendiri beredar opini bahwa karena Idul Adha terkait dengan ibadah haji maka Idul Adha sebaiknya mengikuti pelaksanaan wukuf di Arafah, Arab Saudi.

    Soal perbedaan tanggal Lebaran ini, Ketum MUI Ma'ruf Amin juga sudah bicara. Ma'ruf menegaskan MUI mengerti dan menghormati perbedaan tersebut.

    "Kita (MUI) sudah sepakat dan mencari kesamaan-kesamaan. Tapi kalau itu misalnya tidak sama, ya kita sudah punya komitmen saling pengertian dan saling legowo," kata KH Ma'ruf Amin usai penutupan Munas ke 9 MUI di Hotel Garden Palace, Surabaya, Kamis (27/8) lalu.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 23 September, Menag: Kita Tidak Mengurusi Hari Libur Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top