• Latest News

    Senin, 30 November 2015

    Masbuk (terlambat) Shalat Jumat



    Pertanyaan: Masbuq pada Shalat Jumat, seorang makmum datang pada shalat Jumat pada saat Imam sudah duduk tasyahud, apakah makmum tersebut mendapati shalat Jumat, sehingga hanya menambah 2 rekaat, atau harus melaksanakan shalat Dhuhur? Mohon penjelasannya.

    Jawab: Bagi seseorang yang terlambat (masbuq) mendatangi shalat Jumat, apabila dia mendapati satu rekaat Jumat bersama Imam, maka hendaknya dia menambah satu rekaat setelah imam bersalam, karena dia dianggap mendapati shalat Jumat tersebut.
    Adapun apabila seseorang yang masbuq, mendapati imam sudah sujud atau duduk (dalam pengertian tidak mendapati ruku’, sehingga tidak mendapati satu rekaat), maka hendaknya dia melaksanakan shalat Dhuhur empat rekaat setelah imam bersalam. Berdasarkan riwayat berikut :
    عن نافع أن بن عمر قال إذا أدرك الرجل يوم الجمعة ركعة صلى إليها ركعة أخرى فإن وجدهم جلوسا صلى أربعا
    “Dari Nafi’ dari Ibnu Umar, beliau berkata: Apabila seseorang mendapati satu rekaat pada shalat Jumat, maka hendaknya dia menambah satu rekaat lainnya, dan apabila seseorang mendapati imam dan jamaahnya sudah duduk (tidak mendapat satu rekaat) hendaknya dia shalat empat rekaat. (HR. Ibn Abi Syaibah 2/37, HR. Abdurrazaq 5471, dan Isnadnya Shahih)

    و عن ابن مسعود قال : من أدرك الركعة فقد أدرك الجمعة ومن لم يدرك الجمعة فليصل أربعاً
    "Dari Ibnu Mas’ud berkata: Barangsiapa mendapatkan satu rekaat, maka dia mendapatkan shalat Jumat tersebut, dan barang siapa tidak mendapatinya maka hendaknya shalat empat rekaat” (HR. Ibnu Abi Syaibah 2/37, Abdurrazaq 5477, Isnadnya shahih)

    Dan berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, bahwa Anas bin Malik mengatakan, “Tidak diketahui adanya perselisihan dalam masalah ini di kalangan para shahabat Nabi shalallahu alaihi wasallam, sehingga bisa dikatakan ijma’ shahabat”, dan ini adalah pendapat mayoritas ulama’ dari Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hanabilah. (Shahih Fiqh Sunnah wa Adillatuhu, Syaikh Abu Malik bin Sayyid Salim 1/596). Wallahua’lam.

    *) Hasil Mudzakarah Majelis Tarjih dan Tajdid PCM Blimbing Bulan Januari 2013
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Masbuk (terlambat) Shalat Jumat Rating: 5 Reviewed By: Hizbul Wathan Blimbing
    Scroll to Top