• Latest News

    Minggu, 03 Januari 2016

    Islam Itu Untuk Mencerahkan


    Judul               : Gerakan Islam Pencerahan
    Penulis             : Haedar Nashir
    Penerbit           : Suara Muhammadiyah
    Tebal               : XVI + 139
    Cetakan I        : Juli 2015 M
    Harga              : Rp.

    Inna ad-diina i’nda Allahi al-Islam, sesungguhnya agama yang benar di sisi Allah adalah Islam. Ayat di atas menunjukan bahwa Islam adalah agama yang sempurna. Kesempurnaan itu dikarenan sifat Islam yang mampu merubah kebobrokan suatu umat menjadi umat yang bermartabat, beradab, adil, dan makmur sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad saw saat berdakwah tanah Arab. Sifat membawa perubahan menuju kebaikan menjadikan Islam sebagai satu-satunya agama yang mencerahkan.
    Sebelum Allah mengutus Nabi Muhammad untuk membawa risalah Islam ke kota Makkah, kondisi bangsa Arab pada saat itu amatlah Jahil, bodoh. Perempuan dilecehkan bahkan melahirkan perempuan dalam keluarga merupakan aib yang besar, suka berperang dengan kelompok yang berbeda, berbudaya bebas seperti suka mabuk-mabukan, serta memiliki alam pikiran yang irrasional akibatnya berhala tumbuh subur di tanah Arab saat itu.
    Namun pada akhirnya, melalui dakwah yang mencerahkan, Nabi mampu merubah kondisi jahiliyah tersebut menuju kepada masyarakat bermartabat, beradab, adil, dan makmur. Nabi Muhammad mampu mengeluarkan masyarakat arab dari budaya kelam menuju peradaban yang maju dan humanis. Maka apa yang dilakuakan Nabi Muhammad pada bangsa Arab tidak lain adalah untuk memberi contoh dan membuktikan bahwa Islam itu mencerahkan.
    Menjadikan Islam itu sebagai agama yang mencerahkan juga dilakukan KH Ahmad Dahlan dalam memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia sebelum kemerdekaan. Melalui organisasi yang didirikanya, yaitu Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan terus melakukan gerakan pencerahan dengan mendidik masyarakat pada waktu itu, agar memiliki pemikiran yang maju dan rasional. Komitmen yang kuat untuk menghadirkan Islam sebagai agama pencerahan dilakukan dengan mendirikan sekolah-sekolah sebagai tempat menimba ilmu, mendirikan panti asuhan, dan mendirikan rumah sakit sebagai tempat berobat masyarakat. Langkah-langkah yang ditempuh oleh KH Ahmad Dahlan dan organisasi dirianya Muhammadiyah tidak lain adalah dalam rangka mengeluarkan umat dari keterjajahan, keterbelakangan, ketertinggalan, dan kebodohan munuju kemerdekaan, kemajuan, dan pencerdasan di segala bidang kehidupan.
    Buku Gerakan Islam Pencerahan yang ditulis oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini memberikan gambaran yang jelas bahwa spirit utama agama Islam adalah untuk melakukan pencerahan. Tidak hanya itu, buku yang diterbitkan dalam rangka menyambut Muktamar Muhammadiyah ke-47 itu juga menjelaskan secara gamblang bagaimana Islam yang mencerahkan tersebut mampu menjadi solusi dalam memecahkan berbagai masalah umat di berbagai zaman. Bahkan kejahiliyahan yang terjadi pada dunia global dewasa ini akbita belum tercerahkanya alam piker umat manusianaya.
    Sebutlah kejahatan dan nafsu perang Israel terhadap bangsa Palestina serta sikap Negara-negara adidaya yang gampang sekali bersekutu menyerang Negara lain seperti Irak, yang seharusnya tidak terjadi di zaman modern yang berkeadaban. Itulah wajah dunia global yang masih “Jahiliyah” dan memerlukan pencerahan…hal 10.
    Melaui buku kecil penulis secara tegas dan rasional mengajak para pembaca umat Islam pada umunya dan warga Muhammadiyah yang cinta ilmu dan olah khususnya agar memahami betul gagasan gerakan Islam yang mencerahkan. Tujuanya adalah agar umat Islam khususnya warga Muhammadiyah mampu mengimplementasikan gerakan Islam pencerahan ini pada semua bidang kehidupan. (SuaraMu)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. Selamat, damai ( Islam ), Mencerahkan artinya tidak gelap, terang, membuat gembira, tersenyum, menyenangkan, sesuai fitrah manusia, adil, memanusiakan manusia.

      BalasHapus

    Item Reviewed: Islam Itu Untuk Mencerahkan Rating: 5 Reviewed By: Fastabiqu Online
    Scroll to Top